Kunjungi Pamekasan, Presiden PKS Minta Pemerintah Perhatikan Nasib Petani Garam

POJOKSURAMADU.COM, Pamekasan – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Akhmad Syaikhu mendesak pemerintah untuk melindungi para petani di tengah ancaman impor. Hal itu dilontarkan Syaikhu saat bertemu dengan sejumlah petani garam dan cabai di Pamekasan Madura, Jumat (24/09/2021) sore.

Syaikhu mengaku menerima keluhan dari para petani perihal harga garam dan cabai yang terus anjlok. Menurutnya, importir saat ini terus bergentayangan sehingga memperburuk harga garam dan cabai lokal di Pamekasan Madura. Pihaknya berjanji akan membawa keluhan para petani untuk disampaikan ke pemerintah pusat.

“Importir-importir garam ini terus bergentayangan, petani tidak bisa berjuang sendiri. Insya Allah PKS akan terus mengawal hal ini,” ujar Syaikhu.

Menurut Syaikhu, anjloknya harga garam karena gempuran garam impor dengan harga yang lebih murah dan kualitas lebih baik. Hal itu dinilai akan membuat rakyat menderita dan menguntungkan para orang kaya. Pemerintah harus hadir dan memasang badan dengan membinaa para petani garam untuk meningkatkan kualitas garam.

“Bukan malah membuka kran impor sebanyak-banyaknya,” ujarnya.

Petani garam Desa Konang Pamekasan, Rosyidi mengaku jika saat ini harga garam per kilonya terus anjlok. Tahun 2017 harga garam lokal berada di angka Rp 3.000 perkilogram, namun tahun ini justru hanya di angka Rp 500 perkilogram.

“Bagaimana kami sejahtera jika demikian kondisinya, yang ada kami menderita,” keluhnya.

Menanggapi keluhan warga, Syaikhu berjanji akan memperjuangkan nasib petani garam dan cabai melalui anggota DPR RI maupun anggota DPRD, baik di provinsi dan kabupaten/kota. Juga melalui kepala daerah dari PKS atau yang diusung PKS.

“Terutama untuk yang ada di DPRD karena bisa berjuang melalui perda,” pesannya.

Dalam kunjungannya, Syaikhu didampingi oleh anggota DPR RI Amin Ak, Ketua Bidang Tani dan Nelayan DPP PKS, Ketua Bidang Humas DPP PKS Ahmad Mabruri, Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan, Sekretaris Ahmadi, Ketua Bidang Tani dan Nelayan Alwi Burhanuddin, Ketua Bidang Humas DPW PKS Jatim Reni Astuti, juga Ketua DPD PKS Pamekasan Abdullah, serta pimpinan dan anggota DPRD Fraksi PKS Pamekasan. (Hasibuddin)

Link: https://pojoksuramadu.com/kunjungi-pamekasan-presiden-pks-minta-pemerintah-perhatikan-nasib-petani-garam/