Hari Kesaktian Pancasila, Ketua PKS Jatim: Pancasila, Landasan Moral Bangsa, Warisan Pemikiran Leluhur Indonesia

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Komando Satuan Tugas Keadilan (Korsad) PKS Jatim menggelar upacara bendera di kaki Gunung Lawu, pada Sabtu, 1 Oktober 2021. Ketua PKS Jatim Irwan Setiawan mengingatkan anggota PKS dan masyarakat untuk lebih menghayati dan mempraktikkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Saat memberi sambutan sebagai pemimpin acara kegiatan itu, Irwan menjelaskan bahwa Pancasila adalah rumusan hasil pemikiran dan pemikian luhur warisan founding father Indonesia.

“Pancasila merupakan hasil perenungan dan pemikiran mendalam para pendiri bangsa (founding fathers), yang digali dari praktik nyata kehidupan leluhur bangsa Indonesia. Pemikiran itu selanjutnya dikristalisasi dalam rumusan-rumusan yang disepakati bersama,” tegasnya.

Karenanya, ia menyampaikan sepatutnya Pancasila menjadi landasan moral kehidupan berbangsa dan bernegara yang diterima dengan tulus.

Salah satu di antara wujud penghayatan nilai-nilai Pancasila, ujarnya, adalah menolak ideologi komunisme. Ia mengatakan, Pancasila sudah mengajarkan Ketuhanan yang Maha Esa, sehingga sangat tidak cocok disandingkan dengan ideologi-ideologi yang tidak mengakui Tuhan.

“Pancasila itu antitesis dari komunisme. Sehingga siapa saja yang meyakini Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia harus berani menyatakan secara tegas Pancasila Yes, Komunisme No!,” tegas pria 45 tahun itu.