Turba ke Daerah, Irwan Setiawan Ingatkan 3 Siaga kepada Pengurus PKS

SURABAYA (21/11) Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur Irwan Setiawan melakukan turba ke 6 Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS pada Jum’at hingga Sabtu kemarin.

Turba dilaksanakan secara berurutan mulai dari Kabupaten Madiun, lalu Kota Madiun, Nganjuk, dan Jombang. Dilanjutkan ke Kota Mojokerto dan diakhiri di Kabupaten Mojokerto.

Pada setiap turba di kabupaten/kota tersebut, acara dilakukan di Kantor-kantor DPD. Dihadiri Ketua DPD dan para Ketua DPC dari seluruh kecamatan.

Dalam arahan di depan jajaran pengurus DPD dan para Ketua DPC, Irwan menyampaikan perlunya seluruh jajaran struktur dan kepengurusan PKS di Jawa Timur meningkatkan kesiagaan.

“Ada 3 Kesiagaan yang harus kita bangun pada saat ini,” ujar Irwan.

Yang pertama, lanjut Irwan, adalah Siaga Covid-19. “Kita masih berada di masa pandemi. meskipun Jawa Timur zona kuning, namun kita tetap selalu waspada. Dan bersiaga jika sewaktu-waktu kembali terjadi peningkatan kasus. Meskipun tentu kita tidak menginginkan hal itu terjadi,” ungkap Irwan.

Karena itu, lanjutnya, Tim Respon Cepat Covid-19 (TRCC) PKS yang ada di kabupaten/kota dan kecamatan-kecamatan harus terus diaktifkan. “Minimal melakukan edukasi dan kampanye prokes,” kata Irwan.

Yang kedua, menurut Irwan, adalah Siaga Bencana. “BMKG dan para ilmuwan telah menyampaikan early warning bagi banyak daerah di Jawa Timur agar waspada terhadap berbagai bencana alam. “Ini juga kita harus siaga. Alhamdulillah kita masih diberi kekuatan oleh Allah untuk selalu hadir dalam setiap bencana. Seperti kemarin di Malang, di Batu, yang terjadi banjir bandang dan longsor. Lalu di Gresik, Jember, juga kita terjunkan Relawan PKS untuk membantu warga. Ini memerlukan kesiagaan. Dan masyarakat sudah mengenal PKS sebagai  yang terdepan dalam melayani rakyat,” tutur Irwan.

Yang ketiga, lanjutnya, adalah Siaga Pemilu. Sebagai partai politik, maka PKS perlu selalu siaga menyongsong perhelatan pemilu sebagai pesta demokrasi.

“Pemilu adalah sarana kita untuk melayani rakyat dengan lebih besar, lebih banyak, dan lebih luas lagi. Itu tujuan kita. Karenanya kapanpun pemilu dilaksanakan, seluruh struktur dan kepengurusan PKS harus siap siaga,” tandas Irwan.

Irwan menyampaikan apresiasi kepada para pengurus DPD PKS kabupaten/kota dan DPC PKS kecamatan yang telah bekerja keras melayani, membela, dan memberdayakan rakyat. “Popularitas PKS di Jawa Timur terus naik. Elektabilitas alhamdulillah juga meningkat. Ini tentu perjuangan dari Ibu dan Bapak semua yang ada di daerah-daerah, cabang-cabang, dan ranting-ranting,” kata Irwan.

Karena itu Irwan mengajak para pengurus DPD dan DPC untuk terus bersinergi dan berkolaborasi. “Kita berjuang bersama, dan juga mengajak rakyat ikut berjuang bersama kita. Sehingga kepengurusan partai yang belum lengkap bisa segera dilengkapi hingga bidang-bidang di tiap tingkatan. Sampai tingkat ranting di desa/kelurahan. Dengan demikian PKS di Jawa Timur menjadi partai yang kokoh dalam melayani rakyat dan NKRI,” jelasnya.

Pada rangkaian kegiatan turba tersebut antara lain dilaksanakan peresmian papan nama DPC-DPC yang berganti dengan lambang baru PKS, pembagian logistik Tim Respon Cepat Covid-19, dan silaturrahim kepada tokoh-tokoh masyarakat.{}