Home > BANGKALAN > PKS Jatim Ziarah makam Syaikhona Kholil, Dukung penganugerahan gelar Pahlawan Nasional

PKS Jatim Ziarah makam Syaikhona Kholil, Dukung penganugerahan gelar Pahlawan Nasional

KH. Muhammad Kholil atau terkenal dengan sebutan Syaikhona Kholil merupakan ulama besar yang lahir di Madura, lebih tepatnya di kota Bangkalan. Banyak ulama terkenal berguru kepada beliau, salah satunya adalah pendiri Nahdhotul Ulama KH.Hasyim As’ari.

Selain ketinggian ilmu dan melahirkan ulama yang terkenal, ada hal lain yang akan diperjuangkan oleh PKS, yakni gelar Pahlawan Nasional.

Yang menarik adalah bahwa tahun 2010 PKS Bangkalan memasukkan dalam rencana strategis yang diantaranya meminta pemerintah daerah untuk mengusulkan gelar pahlawan nasional bagi Syaichona Kholil. Pada saat itu pula ketua DPD dijabat oleh salah satu cicit Mbah Kholil yaitu KH. Toha Kholili. Mengingat jasa beliau yang telah melahirkan ulama dan menjadikan murid-murid beliau sebagai pahlawan Nasional. Sudah selayaknya Negara juga memberikan gelar tersebut kepada beliau.

Untuk menguatkan misi PKS ini, Ketua PKS Jatim Irwan Setiawan, S.IP bersama ketua BPU Muhammad Aziz, S.Ag serta didampingi pula oleh ketua Fraksi Keadilan Bintang Nurani DPRD Jatim Dwi Hari Tjahyono yang bersilaturrahim ke kediaman KH. Toha Cholili, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Muntaha Bangkalan. Beliau merupakan keturunan keempat dari silsilah Syaikona Kholil. Kelebihan lainnya beliau sangat faham urutan-urutan silsilah keluarga besar Syaikhona Kholil.

Hadir pula dalam pertemuan tersebut Akhmad Moestamin, SE selaku ketua DPD PKS Bangkalan bersama ketua bidang yang lain.

Pertemuan tersebut berlangsung tenang dan sejuk, dengan seksama sambil mendengarkan ceramah kyai Toha, tentang sejarah dan kiprah Syaikhona Kholil semasa hidupnya dalam berdakwah di Bangkalan dan wilayah lainnya.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan ziarah ke makam syaikona Kholil, kegiatan doa dipimpin oleh KH. Toha Cholili, kemudian terakhir berziarah ke makam Sultan Raden Abdul Kadirun, dimana posisi makamnya terletak di dekat Masjid Agung Bangkalan.

 

Check Also

Gowes di Bangkalan, Irwan Titip Pesan Agar Pengurus PKS Sering Sowan Kiai

Dalam kunjungannya ke daerah, Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan selalu menitipkan pesan kepada pengurus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.